Sekilas Info

2.259 Pencari Kerja Berebut 231 Formasi CPNS Kota Ambon

satumaluku.id- Sebanyak 2.259 pencari kerja yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, mulai Senin (5/11/2018) mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkot Ambon. Mereka akan melewati berbagai beberapa tahapan tes sampai 9 November 2018  guna memenuhi formasi 231 formasi CPNS yang ditetapkan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk Pemkot Ambon.

Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru menjelaskan, seleksi kompetensi dasar tersebut meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk menjamin transparansi dalam tes CPNS, digunakan Computer Assisted Test (CAT), sehingga siapa saja yang mengikuti seleksi, bisa langsung mengetahui hasil tes.

"Ketika selesai tes dan komputernya off, maka hasilnya sudah bisa dilihat sendiri, karena kita juga telah menyiapkan layar monitor bagi para peserta untuk melihat hasil," katanya.

Anthony menyatakan, hasil tes SKD CPNS tersebut bisa dilihat langsung, karena nilai yang dipajang memuat nilai TWK, TIU dan TKP. "Nilai para peserta akan terus update hingga peserta selesai menjawab pertanyaan, dan hasilnya langsung diketahui apakah lulus passing grade atau nilai ambang batas yang ditetapkan sesuai formasi atau tidak," timpalnya.

Sayangnya, dari 231 formasi yang tersedia, 45 formasi di antaranya dipastikan kosong karena tidak ada yang mendaftar untuk formasi tersebut. Ke-45 formasi yang kosong diantaranya jabatan untuk tenaga kesehatan seperti dokter gigi, tenaga fisioterapi dan lainnya.

"Setelah ini kita akan mengirimkan surat permintaan pengalihan alokasi ke Kemenpan-RB. Jika tidak, rugi 45 formasi karena tidak ada pelamar, belum lagi yang nantinya tidak lulus passing grade," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Ambon, Benny Selano. (*)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!