Sekilas Info

Nahkoda dan Teknisi Kapal Pulau Terluar Diberi Pelatihan

Satumaluku.id- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (Ditjen PDTu) melakukan pelatihan kepada para nahkoda dan teknisi yang akan mengoperasikan kapal penumpang maupun barang di wilayah terluar.  Tahun 2018 ini, ada Sembilan peserta pelatihan yang berasal dari daerah penerima bantuan kapal Kemendes PDTT.

Adapun kabupaten penerima bantuan kapal Kemendes PDTT tahun ini adalah Konawe Kepulauan, Halmahera Barat, Lombok Timur, Banggai Laut, Bombana, Kepulauan Sula, Rote Ndao, Manggarai, dan Kabupaten Pulau Morotai. Para peserta dibekali mengenai pengenalan fungsi, pengoperasian, serta perawatan mesin kapal penumpang dan kapal barang, sejak Rabu (31/10) lalu.

Ditjen PDTu pada tahun 2018 memberikan 9 kapal yang terdiri atas 1 kapal 50 Penumpang, 4 Kapal 20 Penumpang dan 4 Kapal Barang 32 GT untuk 9 Kabupaten. “Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam rangka mobilisasi orang dan pelayanan transportasi barang antara pulau,” kata Plt. Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) Aisyah Gamawati, dalam rilis Humas Kemendes PDTT.

Dia juga menambahkan bahwa pulau kecil maupun pulau terluar umumnya sulit dijangkau, namun pada saat yang bersamaan desa di dalamnya menyimpan potensi ekonomi yang cukup besar. ”Mudah-mudahan bisa membuka dan meningkatkan ekonomi dan mobilitas warga desa di sana," sambungnya.

Aisyah lebih lanjut menjelaskan bahwa pelatihan ini akan memberikan beberapa pengetahuan mulai dari pengenalan, pengoperasian, pemeliharaan sampai dengan tata kelola pemanfaatan kapal kepada para operator khususnya nahkoda, teknisi maupun OPD setempat.

Kegiatan ini rutin dijalankan sejak 2015 silam, di mana Kemendes PDTT melalui Ditjen PDTu telah memberikan sejumlah 26  Kapal 50 penumpang, 23 Kapal 20 Penumpang serta 15 kapal barang kepada sekian kabupaten yang berada di pulau kecil terluar.

Pelatihan diselenggarakan di Tangerang dan secara langsung melakukan praktek di gelangan kapal PT. Kairos Anugerah Marina, Tanjung Burung Tangerang sebagai pihak yang mendapat tender pembuatan kapal ini. (*)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!