Sekilas Info

Musik Jadi Ciri Khas Ambon, Bekraf Dukung Penuh

Satumaluku.id- Wakil Kepala Bedan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik menyatakan musik merupakan ciri khas Ambon. Faktanya, kebanyakan penyanyi kenamaan di Indonesia memiliki akar budaya Ambon.

Namun, menurut Ricky, persyaratan menjadikan Ambon sebagai Kota Musik Dunia bukan hal mudah. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah membangun pusat dokumentasi yang memperlihatkan peran Ambon dalam lanskap musik nasional, regional, bahkan internasional dari sisi akar musiknya.

“Selain itu, menampilkan hal secara kasat mata yang menjadikan Kota Ambon sebagai pusat musik,” ujarnya, Senin (29/10).

Seperti diketahui, pencanangan Ambon Kota Musik Dunia sudah dilakukan pada 29 Oktober 2016 di Ambon, Maluku. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kota Ambon bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melaksanakan 25 action plan atau rencana strategis.

Pada Mei 2019, Kota Ambon akan didaftarkan menjadi Kota Musik Dunia ke Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO).

Ricky juga menambahkan Bekraf memiliki peran khusus dalam terwujudnya Ambon sebagai Kota Musik Dunia. Salah satu fungsi Bekraf adalah sebagai media akselerasi bagi berbagai daerah yang inovatif.

“Hal paling penting, adalah bagaimana menampilkan hubungan musik nasional dengan Ambon dan Maluku secara umum bisa dipresentasikan ke masyarakat. Juga bisa ditawarkan sebagai sebuah destinasi bagi yang berkunjung ke Ambon untuk menikmati pengalaman bagaimana pengaruh Ambon dalam sejarah musik nasional.

Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual Bekraf Ari Juliano Gema menimpali pihaknya bersemangat mengajukan nama Ambon sebagai Kota Musik Dunia.

“Bekraf mencoba memfasilitasi pemenuhan syarat-syarat yang diperlukan agar Ambon bisa diakui oleh Unesco sebagai kota kreatif berbasis musik.

Dalam hal ini, kami di Bekraf telah membantu mempersiapkan strategic plan menyiapkan rencana-rencana strategis agar Ambon bisa punya strategi yang terarah dalam memfokuskan niatnya atau tekadnya menjadi kota musik,’’ ungkap Ari. (*)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!